Buku Wajib Untuk Mahasiswa Keperawatan (Recommended)

0
503

ePerawat.com Kali ini kita akan sedikit share Buku Wajib Untuk Mahasiswa Keperawatan,  senjata apa saja yang dibutuhkan untuk kuliah di keperawatan. Senjata? Yap, namun bukan senjata sebenarnya melainkan dalam artian buku wajib, buku pegangan, buku acuan, buku recommended untuk belajar di jurusan ilmu keperawatan.

Dalam mempelajari ilmu keperawatan tentunya tidak lepas dari buku acuan. Buku acuan keperawatan merupakan buku pegangan atau buku wajib atau buku yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk jurusan ilmu keperawatan. Apa saja?

Buku Wajib Untuk Mahasiswa Keperawatan

1. Fundamental Keperawatan

Buku yang pertama adalah buku ajar fundamental keperawatan. Dilihat dari nama bukunya, buku ini adalah buku yang sangat penting untuk pembelajaran di jurusan ilmu keperawatan. Kami sarankan buku fundamental keperawatan untuk versi Kozier, Erb, Berman, Snyder. Buku ini terbagi menjadi dua volume yaitu volume 1 dan 2. Kalian juga boleh dengan buku fundamental keperawatan versi Potter dan Perry, tidak masalah. Pembahasan pada buku ini sangat lengkap.

2. Anatomi dan Fisiologi

Buku penting selanjutnya adalah buku tentang anatomi dan fisiologi. Buku ini akan membahas seputar bagian tubuh manusia beserta fungsi-fungsinya, antara lain pada sistem: pernapasan, perkemihan, reproduksi, pengindraan, persarafan, dll. Banyak buku bagus yang membahas tentang anatomi dan fisiologi, antara lain:

  • Principles of anatomy and physiology karya Tortora dan Derrickson
  • Guyton dan Hall Buku Ajar Fisiologi Kedokteran karya Hall

Untuk melengkapi pengetahuanmu seputar bagian tubuh manusia, boleh juga ditambahkan dengan buku Sobotta Atlas Anatomi Tubuh Manusia.

Jika buku-buku anatomi dan fisiologi diatas dirasa sangat mahal, ada alternative buku anatomi dan fisiologi yang lebih ekonomis dan isinya juga tidak kalah lengkap, yaitu buku “Keperawatan Kritis”.

Baca juga  Sejarah dan Perkembangan Keperawatan di Indonesia (Sebelum Kemerdekaan)

Keperawatan Kritis / alternative

Meskipun judul bukunya tidak mengandung kata anatomi dan fisiologi, ternyata buku ini mengupas tentang topik anatomi dan fisiologi juga. Buku “Keperawatan Kritis” terbagi dalam 2 volume (vol 1-2). Pembahasan buku ini sangat lengkap dan kompleks, mulai dari anatomi dan fisiologi per sistem, gangguan-gangguannya, juga dilengkapi pengkajian dan penatalaksanaan pasien (yang biasanya digunakan dalam asuhan keperawatan). Buku ini karya: Morton, Fontaine, Hudak, Gallo. Selain bermanfaat pada bab anatomi fisiologi juga bermanfaat pada mata kuliah keperawatan kritis / kegawat daruratan.

3. Nanda: Diagnosis Keperawatan

Dalam buku ini berisikan diagnosis keperawatan yang telah disepakati bersama oleh North American Nursing Diagnosis Association. Untuk versi Indonesia diterbitkan oleh Penerbit Buku kedokteran EGC. Buku ini wajib dimiliki karena untuk menentukan diagnosa keperawatan dalam asuhan keperawatan. Buku ini selalu diupdate setiap periode waktu tertentu. Jadi belilah yang versi terbaru.

4. NIC dan NOC

NIC dan NOC adalah dua buku yang berbeda, yang satu untuk intervensi keperawatan dan satunya untuk tujuan keperawatan. Kedua buku ini biasanya digunakan dalam penulisan asuhan keperawatan. Di Indonesia biasanya dijual satu paket bahkan juga disertakan buku Nanda (1 paket pembelian = Nanda, NIC, NOC).

Buku Pendukung

1. Falsafah dan Teori Keperawatan

Buku berikutnya yaitu tentang falsafah dan teori keperawatan. Dalam mengenal dunia keperawatan, mahasiswa dituntut untuk mengetahui sejarah perkembangan serta teori-teori dalam keperawatan. Buku tentang falsafah dan teori keperawatan kami kategorikan sebagai buku pendukung.

Buku tentang falsafah dan teori keperawatan yang kami sarankan adalah Pakar Teori Keperawatan karya Martha Raile Alligood (volume 1 dan 2). Dalam buku ini mengupas banyak tokoh penting beserta teori-teori keperawatan yang digunakan dalam proses keperawatan masa kini. Buku ini akan membuka wawasan kalian tentang sejarah dirumuskannya teori-teori keperawatan.

Baca juga  Karakteristik Feses Berdasarkan Bristol Stool Scale

2. Keterampilan dan Laboratorium

Buku berikutnya yaitu Keterampilan dan Laboratorium. Dalam pembelajaran semester awal pasti akan membahas seputar praktik hardskill dalam keperawatan. Ilmu tentang keterampilan dan laborat menjadi ilmu dasar bagi calon perawat. Buku yang kami sarankan adalah Buku terbitan EGC atau Elsevier yang terbukti pembahasannya lebih lengkap, atau kalian boleh dari buku terbitan lain tidak apa-apa. Buku ini kami kategorikan sebagai buku pendukung.

3. Biostatistika/Metodologi Penelitian

Buku biostatistika/metodologi penelitian adalah buku yang mengulik tentang cara-cara penyusunan tugas akhir/karya ilmiah/skripsi/dll. Dengan menampilkan metode-metode pengumpulan data, menentukan sample, penelitian kuantitatif-kualitatif serta uji nilai sample. Buku ini sangat bermanfaat dalam penyusunan tugas akhir. Banyak buku yang mengupas tentang hal ini dan kebanyakan tidak mengecewakan (layak), jadi referensinya sangat banyak silahkan dipilih sesuai selera.

4. Ujian Kompetensi (UKOM)

Buku ukom ada beberapa jenis, ada yang untuk D3 dan juga untuk Ners. Berisi soal-soal ujian tentang kompetensi perawat dan dilengkapi pembahasan. Buku yang kami sarankan adalah terbitan Elsevier. Belilah sesuai dengan jenjang ilmu yang kamu tempuh.

Penutup

Seperti itulah daftar buku penting, buku wajib, buku acuan, buku pegangan yang recommended bagi mahasiswa keperawatan. Untuk menambah wawasan, kalian boleh menambah koleksi buku lain:

  • Keperawatan keluarga
  • Keperawatan jiwa
  • Keperawatan medikal bedah
  • Keperawatan gerontik
  • Keperawatan maternitas dan anak
  • Manajemen keperawatan
  • Kamus kedokteran dorland/kamus keperawatan, dll

Kami menyarankan untuk membeli buku yang asli karena selain cetakan buku yang lebih bagus, juga untuk mengapresiasi si pembuat buku. Ini adalah buku dasar yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa jurusan keperawatan menurut ePerawat.com.

Penulis: Deby Kurniadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here