Karakteristik Feses Berdasarkan Bristol Stool Scale

0
112

ePerawat.com Kali ini kita akan membahas tentang karakteristik feses berdasarkan Bristol Stool Scale/Chart. Bristol Stool Scale/Chart merupakan penggolongan karakteristik feses menurut bentuk feses yang di keluarkan oleh manusia. Karakteristik feses ini di rumuskan oleh peneliti bernama Bristol. Bristol memberikan nama penelitiannya ini (tentang karakteristik feses) dengan nama Bristol Stool Scale/Chart.

Karakteristik Feses Berdasarkan Bristol Stool Scale

Bristol stool scale adalah pembagian identifikasi yang mengkategorikan atau mengelompokkan feses menjadi 7 kategori. Pada pengelompokan ini, kita dapat mengetahui bentuk feses yang normal dan abnormal seperti apa. Selain itu, untuk mengetahui feses yang berpotensi menjadi penyebab penyakit.

Tipe Feses

Dalam pengelompokan “Bristol Stool Scale/Chart” didasarkan atas penelitian pada 2.000 laki-laki dan perempuan di Inggris dan didapatkan hasil sebagai berikut:

  • Tipe 1 : Feses tampak terpisah, tidak menyatu, dan berbentuk bulat-bulat keras. Kondisi ini mengindikasikan terjadinya konstipasi berat.
  • Tipe 2Feses agak keras tetapi lebih lembut jika dibandingkan tipe 1 dan berbentuk seperti sosis dengan beberapa gumpalan/tonjolan yang menyatu (dalam bahasa jawa: mrengkel-mrengkel). Tipe ini mengindikasikan konstipasi ringan.
  • Tipe 3Feses pada kategori tipe 3 berbentuk seperti sosis dengan permukaan retakan. Pada tipe 3 adalah feses normal.
  • Tipe 4Feses pada kategori tipe 4 berbentuk seperti sosis yang lebih halus, atau terlihat seperti ular. Tipe 4 mengindikasikan feses normal.
  • Tipe 5Feses pada kategori 5 berbentuk seperti potongan dan bergumpal (memisah). Feses pada kategori ini mengindikasikan kekurangan makan serat.
  • Tipe 6Fase pada kategori tipe 6 konsistensinya lembek dengan tepi tidak rata, yang menandakan diare ringan.
  • Tipe 7Feses pada kategori tipe 7 konsistensinya cairan dengan tidak ada potongan atau butiran yang keras. Feses kategori ini menandakan diare berat.
Baca juga  Sejarah dan Perkembangan Keperawatan di Indonesia (Sebelum Kemerdekaan)

Perhatikanlah tebel berikut agar kita lebih jelas memahami karakteristik feses berdasarkan bentuknya menurut Bristol Stool:

Tabel 1. Skala Bristol Stool

Bristol Stool Scale/Chart by Kurniadi, Deby (2018)

Bagaimana? Apakah sudah jelas mengenai karakteristik feses menurut Bristol Stool? Jika sudah, maka kita dapat mengakhiri pembahasan tentang karakteristik feses. Jika masih ada yang kurang jelas bisa tulis pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini. Cukup sekian materi pada artikel ini, nantikan artikel seputar kesehatan lainnya hanya di ePerawat.com.

Sumber:

Kurniadi, Deby. 2018. Karakteristik Feses Berdasarkan Bristol Stool Scale. Kudus: ePerawat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here