Karakteristik Feses Secara Umum

0
66

ePerawat.com Kali ini kita akan membahas bagaimanakah karakteristik feses? Secara umum, karakteristik feses dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: feses normal dan feses abnormal.

KARAKTERISTIK FESES SECARA UMUM

1. Feses Normal

Feses normal manusia tersusun atas 75% air dan 25% materi padat. Feses lunak tetapi memiliki bentuk. Apabila feses didorong dengan sangat cepat di usus besar, tidak ada waktu untuk sebagian besar air di dalam kime diserap kembali dan feses akan mengandung lebih banyak cairan, mungkin hingga 95% air. Feses normal memerlukan asupan cairan dan makanan normal. Feses yang mengandung sedikit air akan menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

Feses normalnya berwarna coklat, terutama karena keberadaan sterkobilin  dan urobilin, yang berasal dari bilirubin (sebuah pigmen merah di dalam empedu). Faktor lain yang mempengaruhi warna feses adalah kerja bakteri seperti Escherichia coli (E. coli) atau stafilokokus, yang normalnya berada di dalam usus besar. Kerja mikroorganisme pada kime juga menimbulkan  bau feses.

Ciri Khas Feses Normal
  1. Warna :feses berwarna coklat karena adanya pigmen bilirubin, sebuah pigmen yang dikeluarkan empedu yang berasal dari pemecahan sel darah merah di tubuh.
  2. Bau :baunya tidak enak, dan bau biasanya muncul disebabkan bakteri, yang mana bau tersebut dapat tercium hanya dari udaranya dan tidak menyentuhnya langsung.
  3. Frekuensi :seseorang setidaknya buang air besar setiap hari hingga tiga hari sekali, terutama setelah makan. Kebanyakan orang memiliki pola sendiri-sendiri.
  4. Konsistensi :feses biasanya lembut hingga keras dari tampakan. Bentuknya seperti memanjang, tidak teratur. Untuk bentuk yang lain akan kami bahas kemudian.

Tabel 1. Karakteristik Feses Normal

Karakteristik Feses Normal
Warna Orang dewasa: cokelat

Bayi: kuning

Konsistensi Memiliki bentuk lunak, semi padat, berair
Bentuk Silindris (kontur rectum) dengan diameter sekitar 2,5 cm pada orang dewasa
Jumlah Beragam sesuai dengan diet/asupan manakan (sekitar 100-400 gr per hari)
Bau Aroma: dipengaruhi oleh makanan yang dimakan dan flora bakteri yang dimiliki oleh orang itu sendiri
Kandungan Sejumlah kecil dari bagian kasar makanan yang tidak tercerna, bakteri mati dan sel epitel yang meluruh, lemak, protein, unsur kering dari asam lambung (misalnya: pigmen empedu, zat inorganik)

2. Feses Abnormal

Karakteristik antara feses normal dan tidak normal sangatlah berbeda, baik tentang warna, konsistensi, bentuk, bau dan kandungannya. Untuk karakteristik feses yang tidak normal/abnormal dapat dicermati melalui tabel di bawah ini:

Tabel 2. Karakteristik Feses Abnormal

Karakteristik Feses Abnormal Kemungkinan Penyebab
Warna Seperti tanah liat atau putih Tidak ada pigmen empedu (obstruksi empedu)
Hitam Obat (zat besi), perdarahan dari saluran pencernaan atas (lambung, usus halus), diet tinggi daging merah dan sayuran hijau tua (bayam)
Merah Perdarahan dari saluran pencernaan bawah (rectum), beberapa makanan tertentu (misalnya: bit)
Pucat Malabsorpsi lemak, diet tinggi susu/produk olahan susu serta rendah daging
Jingga atau hijau Infeksi usus
Konsistensi Keras, kering Dehidrasi, penurunan motilitas usus yang terjadi akibat kekurangan serat dalam diet, kurang olah raga, kesedihan emosional, penyalah gunaan laksatif
Diare Peningkatan motilitas usus (misalnya karena iritasi kolon oleh bakteria)
Bentuk Feses berdiameter kecil, seperti pensil Kondisi obstruksi pada rectum
Bau Berbau tajam Infeksi, darah
Kandungan Nanah, parasit Infeksi bakteria/parasit
Lendir Kondisi peradangan
Darah Peradangan gastrointestinal
Lemak dalam jumlah banyak Malabsorpsi
Benda asing Tidak sengaja tertelan

Seperti itulah pembahasan tentang karakteristik feses secara umum, baik pada feses normal maupun feses tidak normal / abnormal. Untuk pembahasan karakteristik feses berdasarkan warna dapat dilihat di artikel berikutnya (klik disini), sedangkan karakteristik feses berdasarkan skala Bristol Stool dapat dilihat disini. Cukup sekian, nantikan artikel kesehatan lainnya hanya di ePerawat.com.

Sumber:

Kurniadi, Deby. 2018. Karakteristik Feses Secara Umum. Kudus: ePerawat.com

Baca juga  Pengertian Kebutuhan Eliminasi Fekal/Alvi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here