Konsep Berubah Menurut Rogers (1962)

0
143

ePerawat.com Kali ini kita akan membahas seputar Konsep Berubah menurut Rogers. Dalam teori Rogers tentang konsep perubahan, ia mengelompokkan tahapan dalam melakukan perubahan kedalam lima tahap.

Konsep Berubah Menurut Rogers

Rogers (1962) mengembangkan teori dari Lewin (1951) tentang tiga tahap perubahan dengan menekankan latar belakang individu yang terlibat dalam perubahan dam lingkungan di mana perubahan tersebut di laksanakan. Rogers (1962) menjelaskan lima tahap dalam perubahan yaitu dalam perubahan, yaitu: kesadaran, keinginan, evaluasi, mencoba dan penerimaan atau di kenal juga sebagai awarenes, interest, evaluation, trial, dan adoption (AIETA).

5 Tahap Perubahan Menurut Rogers

Menurut Rogers untuk menandakan suatu perubahan perlu ada beberapa langkah yang ditempuh sehingga harapan atau tujuan akhir dari perubahan dapat tercapai. Langkah-langkah tersebut antara lain :

  • Tahap Awarenes

Tahap Awarenes merupakan tahap awal yang mempunyai arti bahwa dalam mengadakan perubahan diperlukan adanya kesadaran diri untuk  berubah. Apabila seseorang tidak memiliki kesadaran untuk berubah, maka tidak mungkin tercipta suatu perubahan.

  • Tahap Interest

Tahap yang kedua dalam mengadakan perubahan harus timbul perasaan minat terhadap perubahan yang selalu memperhatikanterhadap sesuatu yang baru dari perubahan yang dikenalkan.Timbulnya minat akan mendorong dan menguatkan kesadaran untuk  berubah.

  • Tahap Evaluasi

Tahap ini terjadi penilaian tarhadap sesuatu yang baru agar tidak terjadi hambatan yang akan ditemukan selama mengadakan perubahan. Bila evaluasi dilakukan, maka dapat memudahkan tujuan dan langkah dalam melakukan perubahan.

  • Tahap Trial

Tahap ini merupakan tahap uji coba terhadap sesuatu yang baruatau hasil perubahan dengan harapan sesuatu yang baru dapatdiketahui hasilnya sesaui dengan kondisi atau situasi yang ada, danmemudahkan untuk diterima oleh lingkungan.

  • Tahap Adoption

Tahap ini merupakan tahap terakhir dari perubahan yaitu proses penerimaan terhadap sesuatu yang baru setelah dilakukan uji coba danmerasakan adanya manfaat dari sesuatu yang baru sehingga selalumempertahankan hasil perubahan.

Baca juga  Teori Keperawatan Dorothy E. Johnson

Rogers vs Kurt Lewin?

Rogers percaya bahwa proses penerimaan terhadap perubahan lebih kompleks dari pada tiga tahap yang di jabarkan Lewin (1951) setiap individu yang terlibat dalam proses perubahan dapat menerima atau menolaknya. Meskipun perubahan dapat di terima, mungkin saja suatu saat akan di tolak setelah perubahan tersebut dirasakan sebagai hal yang menghambat keberadaannya.

Rogers mengatakan bahwa perubahan yang efektif bergantung pada indifidu yang terlibat, tertarik, dan berupaya untuk selalu berkembang dan maju serta mempunyai suatu komitmen untuk bekerja dan melaksanakannya.

Sumber:

Kurniadi, Deby. 2018. Konsep Berubah Menurut Rogers (1962). Kudus: ePerawat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here