Motivasi Dalam Perubahan

0
63

ePerawat.com Kali ini kita akan berbagi ilmu seputar motivasi dalam perubahan. Dalam melakukan setiap perubahan, selalu dibutuhkan motivasi agar perubahan yang diinginkan dapat tercapai meskipun dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerja keras.

Motivasi Dalam Perubahan

Pada dasarnya setiap manusia akan mengalami proses perubahan dan memiliki sifat berubah, mengingat berubah merupakan salah satu bagian dari kebutuhan manusia. Perubahan akan tercipta karena adanya suatu motivasi yang ada dalam diri manusia. Motivasi timbul karena ada tuntutan kebutuhan dasar manusia sedang kebutuhan dasar manusia yang dimaksud antara lain:

  1. Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan fisiologis seperti makanan, minum, tidur, oksigenasi dan lain-lain selalu dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidupnya. Berdasarkan kebutuhan fisiologis tersebut, manusia akan selalu ingin mempertahankan hidupnya dengan jalan memenuhi atau selalu mengadakan perubahan.

  1. Kebutuhan Aman

Kebutuhan rasa aman merupakan kebutuhan manusia agar mendapat jaminan keamanan atau perlindungan dari  berbagai ancaman bahaya yang ada sehingga manusia selalu ingin memenuhinya dengan jalan mengadakan perubahan untuk mempertahankan kebutuhan tersebut, seperti mendapatkan pekerjaan yang tetap,   bertempat tinggal yang aman dan lebih baik dan lain – lain.

  1. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial ini mutlak diperlukan karena manusia tidak akan dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga untuk memenuhi kehidupan sosialnya manusia selalu termotivasi untuk mengadakan perubahan dalam memenuhi kebutuhan seperti  mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan.

  1. Kebutuhan Penghargaan dan Dihargai

Setiap manusia selalu ingin mengadakan penghargaan dimata masyarakat akan prestasi, status dan lain-lain sehingga manusia  akan termotivasi untuk mengadakan perubahan ke aarh yang lebih baik.

  1. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Sebuah perwujudan agar diakui masyarakat akan kemampuannya dan potensi yang dimiliki, akan motivasi seseorang untuk memacu diri dalam memenuhi suatu kebutuhan.

  1. Kebutuhan Interpersonal

Kebutuhan interpersonal yang meliputi kebutuhan untuk berkumpul bersama, kebutuhan untuk melakukan kontrol dalam mendapatkan pengaruh dari lingkungan dalam menjalankan sesuatu dan kebutuhan untuk dikasihi dapat menjadikan motivasi tersendiri dalam mengadakan perubahan.

Baca juga  Teori Keperawatan Florence Nightingale

Sumber:

Kurniadi, Deby. 2018. Motivasi dalam Perubahan. Kudus: ePerawat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here