Nyeri Punggung Kanan Atas : Gejala dan Cara Mengobati

0
127

Nyeri punggung kanan atas dapat bersifat ringan dan menjalar dan memberat bila digerakkan. Punggung bagian kanan atas adalah dasar dari leher dan berlanjut ke kosta bagian kanan. Area ini meliputi bagian atas dada, tulang belakang. Nueri bagian kanan atas disebabkan karena:

  1. Vertebra : tulang kecil di belakang dan tengah
  2. Diskus intervertebralis : diskus diantara vertebra
  3. Otot, ligamen dan tendon : meliputi jaringan fibrosa yang memfiksasi tulang belakang tetap di posisinya.
  4. Syaraf : medula spinalis dan syaraf spinalis yang menghubungkan otak, otot, dan organ internal.

Nyeri ini dapat menjadi kondisi fatal, seperti karena infeksi, kanker paru, emboli pulmo, dan peradangan di kandung empedu, cholesistitis.

PENYEBAB NYERI PUNGGUNG KANAN ATAS

Nyeri ini dapat bersifat akut dan kronis. Jenis nyeri ini dapat berbeda tergantung ketajaman, tumpul nyeri. Jenis dan sifat nyeri ini akan menentukan penyebab dan tatalaksana yang dilakukan.

  1. Cidera dan Otot Ketarik

Otot ketarik atau muscle strain adalah tertariknya otot atau tendon karena penggunaan berlebih dan repetisi. Biasanya ditemukan pada olahragawan, pengguna komputer, dan orang dengan aktifitas berulang-ulang. Mengangkat beban berat juga menjadi risiko. Gejalanya berupa nyeri kram terutama bila diregangkan dan digerakkann.

  1. Penekanan syaraf spinal

Herniasi diskus dapat disebabkan kebiasaan mengangkat berat. Diskus intervertebralis akan menonjol dan menekan medula spinalis atau bisa juga akar dari syaraf spinalis. Herniasi sering terjadi di vertebra lumbalis karena merupakan pusat tumpuan tubuh. Gejala dari HNP ini adalah : nyeri memberat bila batuk, sensasi tingling, kesemutan, dan kelemahan gerak.

  1. Fraktur Vertebra

Disebut juga dengan fraktur spinal, karena jatuh, cidera, dan keelakaan. Fraktur ini menyebabkan tulang belakang terpecah menjadi fragmen, dan menekan bahkan menciderai syaraf spinal. Gejala dari fraktur ini adalah : nyeri leher, kelemahan, sensasi tingling, kesulitan menggerakkan ekstremitas, paralisis, dan spasme otot.

Demikian pembahasan terkait dengan nyeri punggung singkat. Silahkan ikuti terus postingan terbaru dari web ini bersama ePerawat.com, semoga anda mendapat manfaat dari web ini.

Ditulis oleh: Tim Penulis ePerawat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here