Pengertian Kebutuhan Eliminasi Fekal/Alvi

0
55

ePerawat.com Kali ini kita akan membahas seputar pengertian / definisi dari kebutuhan eliminasi fekal/alvi. Dalam pembahasan ini, kami mencoba merinci dari arti per kata sampai satu kesatuan. Berikut pembahasannya:

a. Kebutuhan

Kebutuhan adalah segala sesuatu kegiatan yang mendasar bagi manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan (Kurniadi, 2018).

b. Eliminasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eliminasi merupakan pengeluaran (seperti racun dari tubuh), penghilangan dan penyingkiran. Sedangkan menurut Kamus Keperawatan Hinchliff adalah pengeluaran zat sampah dari dalam tubuh, biasanya istilah ini dipakai untuk urine dan feses.

c. Fekal/Alvi

Menurut Kamus Saku Kedokteran Dorland, fekal adalah kata sifat dari feses yang berarti kotoran yang dikeluarkan dari anus. Di dalam dunia medis, fekal juga biasa disebut dengan istilah alvi.

d. Eliminasi Fekal/Alvi

Dikutip buku dari Tarwoto dan Wartonah (2003), Eliminasi fekal/alvi adalah proses pembuangan atau pengeluaran  sisa metabolisme berupa feses dan flatus yang berasal dari saluran pencernaan melalui anus. Eliminasi fekal/alvi juga bisa disebut dengan istilah defekasi.

Sedangkan menurut buku karya Kozier, Erb, Berman, Snyder (2011), Eliminasi fekal adalah pengeluaran feses dari anus dan rectum. Eliminasi fekal atau defekasi juga bisa disebut dengan Bowel Movement.

e. Kebutuhan Eliminasi Fekal/Alvi

Setelah kita mengetahui arti dari kata kebutuhan, eliminasi dan fekal/alvi maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Kebutuhan eliminasi fekal/alvi adalah suatu kegiatan dasar bagi manusia untuk membuang sisa metabolisme berupa kotoran melalui anus sehingga manusia dapat bertahan hidup serta memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan (Kurniadi, 2018).

Seperti itulah pengertian atau definisi dari “kebutuhan eliminasi fekal/alvi” atau biasa disebut dengan istilah defekasi. Cukup sekian penjelasan dari ePerawat.com nantikan artikel seputar kesehatan lainnya.

Baca juga  Karakteristik Feses Secara Umum

Sumber Pustaka:

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke 18 Edisi 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dorland, W. A Newman. 1998. Kamus Saku Kedokteran Dorland Edisi 25 Cetakan I. Jakarta: Penerbit Buku kedokteran EGC

Hinchliff, Sue. 1999. Kamus Keperawatan Edisi 17 Cetakan I. Jakarta: Penerbit Buku kedokteran EGC

Kurniadi, Deby. 2018. Pengertian Kebutuhan Eliminasi Fekal / Alvi. Kudus: ePerawat.com

Kozier, Erb, Berman, Snyder. 2011. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 7 Vol 2. Jakarta: Penerbit Buku kedokteran EGC

Tarwoto & Wartonah. 2003. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Penerbit Salemba Medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here