Strategi Dalam Perubahan

0
42

ePerawat.com Kali ini kita akan membahas tentang strategi dalam perubahan. Strategi – strategi dalam perubahan harus kita ketahui, agar perubahan yang kita lakukan dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Strategi Dalam Perubahan

Dalam proses perubahan dibutuhkan cara yang tepat agar tujuan dalam perubahan dapat tercapai secara tepat, efektif dan efisien, untuk itu dibutuhkan strategi khusus dalamperubahan diantaranya:

  • Strategi Rasional Empirik

Strategi ini didasarkan karena manusia sebagai komponen dalam perubahan memiliki sifat rasional untuk kepentingan diri dalam berperilaku. Untuk mengadakan suatu perubahan strategi rasional dan empirik yang didasarkan dari hasil penemuan atau riset untuk diaplikasikan dalam perubahan manusia yang memiliki sifat rasional akan menggunakan rasionalnya dalam menerima sebuah perubahan.

Langkah dalam perubahan atau kegiatan yang diinginkan dalam strategi rasional empirik ini dapat melalui penelitian atau adanya desiminasi melalui pendidikan secara umum sehingga melalui desiminasi akan diketahui secara rasional bahwa perubahan yang akan dilakukan benar-benar sesuai dengan rasional. Strategi  ini juga dilakukan pada penempatan sasaran yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki sehingga semua perubahan akan menjadi efektif dan efisien, selain itu juga menggunakan sistem analisis dalam pemecahan masalah yang ada.

  • Strategi Redukatif Normative

Strategi redukatif normative dilaksanakan berdasarkan standar norma yang ada di masyarakat. Perubahan yang akan dilaksanakan harus melihat nilai-nilai normatif yang sudah ada di masyarakat sehingga tidak akan menimbulkan permasalahan baru di masyarakat. Standar norma yang sudah ada di masyarakat, harus di dukung dengan sikap dan sistem nilai individu yang ada di masyarakat.

Pendekatan ini dilaksanakan dengan mengadakan intervensi secara langsung dalam penerapan teori-teori yang sudah ada. Strategi ini dilaksanakan dengan cara melibatkan individu, kelompok atau masyarakat dalam proses penyusunan rancangan untuk perubahan. Pelaku dalam perubahan harus memiliki kemampuan serta harus berkolaborasi dengan masyarakat. Kemampuan ilmu perilaku tersebut harus dimiliki dalam pembaharu.

  • Strategi Paksaan- Kekuatan

Dikatakan strategi paksaan-kekuatan karena adanya penggunaan kekuatan atau kekuasaan yang dilaksanakan secara paksa dengan menggunakan kekuatan moral dan kekuatan politik.Strategi ini dapat dilaksanakan dalam perubahan sistem kenegaraan, penerapan sistem pendidikan dan lain-lain.

Baca juga  Teori Keperawatan Florence Nightingale

Sumber:

Kurniadi, Deby. 2018. Strategi dalam Perubahan. Kudus: ePerawat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here